Jumat, 20 September 2019

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP


Pada blog kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai potensi pemanfaatan senyawa terpenoid, dimana sebelumnya saya juga sudah mengulas tentang keunikan dan keragaman struktur senyawa kimia terpenoid. Indonesia merupakan salah satu Negara yang banyak sekali menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan suatu penyakit. Biasanya obat-obatan ini dikenal sebagai obat tradisional. Obat-obatan ini dibuat dari bahan-bahan alami hayati seperti dari hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Penggunaan tumbuh-tumbuhan sebagai obat tradisional berkaitan dengan kandungan kimia yang ada didalamnya. Senyawa kimia tersebut adalah hasil dari proses metabolisme dari tumbuhan itu sendiri. Senyawa kimia yang ada telah banyak di teliti oleh para peneliti dan seringkali dapat memberikan efek fisiologis dan farmakologi sehingga senyawa ini dikenal dengan nama senyawa bioaktif. Salah satu diantara golongan senyawa bioaktif yaitu terpenoid. Senyawa terpenoid ini adalah salah satu senyawa kimia yang banyak digunakan sebagai obat. Sudah banyak peran senyawa terpenoid dari tumbuh-tumbuhan yang diketahui seperti menghambat pertumbuhan tumbuhan pesainya dan sebagai insektisida terhadap hewan tinggi. Senyawa terpenoid seperti seskuiterpenoid berfungsi sebagai penolak serangga, insektisida, membantu pertumbuhan tumbuhan dan dapat bekerja sebagai fungisida. Kemuduan seperti Diterpenoid yang mana bekerja sebagai obat anti tumor karena efek sitoksiknya da nada yang memiliki aktivitas antivirus. Lalu ada triterpenoid yang menunjukkan aktivitas fisiologinya dan senyawa ini merupakan komponen aktif dalam tumbihan obat yang telah digunakan untuk penyakit diabetes, gangguan menstruasi, patukan ular, penyakit atau gangguan kulit, kerusakan hati, dan juga malaria. 

PERTANYAAN!
1. Mengapa di Indonesia masih sedikit atau belum terkenal dalam pemanfaatan senyawa                          terpenoid ini untuk proses pengobatan?
2. Bagaimana cara kita sebagai mahasiswa untuk memperkenalkan potensi pemanfaatan                          senyawa terpenoid ini?
3. flavonoid adalah senyawa kimia, dimana senyawa kimia ini oleh orang awam dianggap                        bahan berbahaya sedangkan senyawa flavonoid ini adalah sebagai antikanker. lalu                                bagaimana cara menyakinkan kepada mereka bahwa senyawa kimia khususnya flavonoid                    ini tidak hanya berdampak ngatif atau berbahaya?

3 komentar:

  1. Nama saya Ditya Fajar Nursahfitri. (A1C117061) menurut saya gampang saya meyakinkan bahwasannya senyawa kimia banuak manfaatnya dan tidak hanya berbahaya. Kita dapat mencontohkan banyak senyawa kimia yang banyak digunakan dan bermanfaat bagi manusia, contohnya garam yang dipakai ibu kita atau kita untuk masak, itu senawa kimia yaitu nacl, kemudian air H20, oksigen O2, dan masih banyak lagi. Jadi dengan swmua senyawa kimia yang bermanfaat teesebut orang awam pasti yakin bahwa senyawa flavonoid terutama atau senyawa kimia lainnya dapat bermanfaat bagi manusia.

    BalasHapus
  2. Haii elda
    Menurut saya untuk memperkenalkan potensi pemanfaatan senyawa terpEnoid ini mudah saja,
    Seperti yang kita sudah lakukan, yaitu dengan membuat blog ini, maka akan banyak membantu orang lain untuk mengetahui potensi dari tumbuhan yang mengandung terpenoid.
    Selain itu kita bisa berbagi informasi kepada orang orang, baik itu teman dekat, keluarga, maupun masyarakat sekitar kita mengenai khasiat dari tanaman yang mengandung senyawa terpenoid ini.
    Semoga membantu :)

    BalasHapus
  3. 1. karena masih sedikitnya produksi obat-obatan yang mengandung senyawa terpenoid dan juga tidak banyak masyarakat di Indonesia yang mengenal senyawa terpenoid ini sebagai obat-obatan.

    BalasHapus